Lagi...! Semeru Kembali Erupsi Kembali Tepat 1 Tahunnya, Semua Warga Menyelamatkan Diri

- Minggu, 4 Desember 2022 | 20:36 WIB
Evakuasi warga (Fg-Nunmedia)
Evakuasi warga (Fg-Nunmedia)

Nunmedia - Hari ini Gunung Semeru Lumajang kembali muntahkan erupsi awan panas, ini terjadi bertepatan pada jelang 1 tahun setelah erupsi sebelumnya pada tanggal 4 Desember 2021 tahun lalu.

Ini menjadi kejadian ulangan dari tahun sebelumnya, namun erupsi kali ini tidak menimbulkan korban karena adaya peringatan dini, awan guguran dari gunung semeru sudah terlihat sejak kemarin, namun sebagian besar masyarakat di sekitar lereng gunung semeru tersebut mengungsi hari ini karena kpndisi semakin darurat, masyarakat mengungsi di beberapa balai desa daerah radius aman untuk menghindari hujan abu vulkanik. 

Kejadian ini sontak membuat seluruh masyarakat lumajang teringat dengan kejadian satu tahun lalu dan menjadi trending di media sosial dalam satu hari ini. Tersebar beberapa video dari warga yang melakukan evakuasi dengan menggunakan motor,mobil dengan bantuan para relawan yang sudah stanby sejak pagi.

Dalam video yang tersebar di media sosial merekam semburan awan panas yang terus meninggi dan membuat suasana redup, dan juga material lahar panas yang mengalir di aliran yang melewati permukiman warga sekitar leren dengan kondisi panas dan menggelembung layaknya air panas.

Dalam pantauan cctv aliran semeru di curahkoboan juga terpantau aliran awan panas mengalir seperti sebuah laju ular yang meliuk.

Namun ada hal menjadi trending juga yakni munculnya video yang menunjukkan seorang wanita seperti dirasuki oleh mahluk halus dengan menyampaiakan pesan “manusia harusnya sadar diri jangan pernah lupa dan sombong”.

Sampai tulisan ini di turunkan kondisi di sekitar lereng level awas dan seluruh warga sekitar di ungsikan ke lokasi yang aman di beberapa balai desa dan kecamatan yang terdekat seperti kecamatan pasirian dan kecamatan tempeh kabupaten lumajang.

Editor: Danial Dwi Purwoko

Tags

Terkini

Pemilu 2024 semakin dekat, Apa kedudukan PPK?

Selasa, 10 Januari 2023 | 17:09 WIB
X